Manajemen kelas adalah strategi untuk menjamin
keamanan fisik dan psikologis di dalam kelas, teknik untuk mengubah kenakalan siswa dan untuk mengajar
disiplin diri, metode untuk menjamin kemajuan yang tertib selama hari sekolah,
dan teknik instruksional yang berkontribusi terhadap perilaku positif siswa.
Sumber: Komarudin
·
Adapun pengertian manajemen kelas
ditinjau dari paham lama, yaitu mempertahankan ketertiban kelas. Sedangkan
menurut pengertian baru dikemukakan oleh Made Pidarta bahwa "manajemen
kelas adalah proses seleksi dan penggunaan alat-alat yang tepat terhadap
problema dan situasi kelas". Dalam hal ini guru bertugas menciptakan,
mempertahankan dan memelihara sistem organisasi sehingga siswa dapat
memanfaatkan kemampuan, bakat dan energinya pada tugas-tugas individual.
·
Hadadio Nawawi mengatakan:
Manajemen kelas diartikan sebagai kemampuan guru atau
wali kelas dalam mendayagunakan potensi kelas berupa pemberian kesempatan yang
seluas-luasnya pada setiap personal untuk melakukan kegiatan yang kreatif dan
terarah sehingga waktu dan dana yang tersedia dapat dimanfaatkan secara efesien
untuk melakukan kegiatan-kegiatan kelas yang berkaitan dengan kurikulum dan
perkembangan siswa.
Secara umum manajemen
kelas dimanfaatkan untuk menciptakan kondisi dalam kelompok kelas yang berupa lingkungan
kelas yang baik, yang dapat memungkinkan siswa berbuat sesuai dengan kemampuannya.
Penerapan manajemen kelas produknya dinamis sesuai dengan tujuan-tujuan yang
hendak dicapai.
Berdasarkan Pandangan Pendekatan Operasional Tertentu
( Disarikan dari Wilford A. Weber 1986 )
·
Seperangkat kegiatan guru untuk menciptakan dan
mempertahankan ketertiban suasana kelas melalui penggunaan disiplin (Pendekatan
Otoriter).
·
Seperangkat kegiatan guru untuk menciptakan dan
mempertahankan ketertiban suasana kelas melalui intimidasi (Pendekatan
Intimidasi).
·
Seperangkat kegiatan guru untuk memaksimalkan
kebebasan siswa (Pendekatan Permisif).
·
Seperangkat kegiatan guru menciptakan suasana kelas
dengan cara mengikuti petunjuk/resep yang telah disajikan (Pendekatan Masak).
·
Seperangkat kegiataan guru untuk menciptakan suasana
kelas yang efektif melalui perencanaan pembelajaran yang bermutu dan
dilaksanakan dengan baik (Pendekatan Instruksional).
·
Seperangkat kegiatan guru untuk mengembangkan tingkah
laku peserta didik yang diinginkan dengan mengurangi tingkah laku yang tidak
diinginkan (Pendekatan Pengubahan Tingkah Laku).
·
Seperangkat kegiatan guru untuk mengembangkan hubungan
interpersional yang baik dan iklim sosio-emosional kelas yang positif
(Pendekatan Penciptaan Iklim Sosioemosional).
·
Seperangkat kegiatan guru untuk menumbuhkan dan
mempertahankan organisasi kelas yang efektif (Pendekatan Sistem Sosial)
Terakhir, menurut KBBI, Manajemen adalah penggunaan sumber daya secara
efektif untuk mencapai sasaran. Sedangkan Manajemen Kelas adalah manajemen
untuk mencapai tujuan pengajaran di kelas secara efektif dan efisien.
No comments:
Post a Comment