Thursday, May 22, 2014

Pengertian Manajemen Kelas

Manajemen kelas adalah strategi untuk menjamin keamanan fisik dan psikologis di dalam kelas, teknik untuk mengubah kenakalan siswa dan untuk mengajar disiplin diri, metode untuk menjamin kemajuan yang tertib selama hari sekolah, dan teknik instruksional yang berkontribusi terhadap perilaku positif siswa.
Sumber: Komarudin 

·         Adapun pengertian manajemen kelas ditinjau dari paham lama, yaitu mempertahankan ketertiban kelas. Sedangkan menurut pengertian baru dikemukakan oleh Made Pidarta bahwa "manajemen kelas adalah proses seleksi dan penggunaan alat-alat yang tepat terhadap problema dan situasi kelas". Dalam hal ini guru bertugas menciptakan, mempertahankan dan memelihara sistem organisasi sehingga siswa dapat memanfaatkan kemampuan, bakat dan energinya pada tugas-tugas individual.
·         Hadadio Nawawi  mengatakan:
Manajemen kelas diartikan sebagai kemampuan guru atau wali kelas dalam mendayagunakan potensi kelas berupa pemberian kesempatan yang seluas-luasnya pada setiap personal untuk melakukan kegiatan yang kreatif dan terarah sehingga waktu dan dana yang tersedia dapat dimanfaatkan secara efesien untuk melakukan kegiatan-kegiatan kelas yang berkaitan dengan kurikulum dan perkembangan siswa.
Secara umum manajemen kelas dimanfaatkan untuk menciptakan kondisi dalam kelompok kelas yang berupa lingkungan kelas yang baik, yang dapat memungkinkan siswa berbuat sesuai dengan kemampuannya. Penerapan manajemen kelas produknya dinamis sesuai dengan tujuan-tujuan yang hendak dicapai.

Berdasarkan Pandangan Pendekatan Operasional Tertentu ( Disarikan dari Wilford A. Weber 1986 )
·           Seperangkat kegiatan guru untuk menciptakan dan mempertahankan ketertiban suasana kelas melalui penggunaan disiplin (Pendekatan Otoriter).
·           Seperangkat kegiatan guru untuk menciptakan dan mempertahankan ketertiban suasana kelas melalui intimidasi (Pendekatan Intimidasi).
·           Seperangkat kegiatan guru untuk memaksimalkan kebebasan siswa (Pendekatan Permisif).
·           Seperangkat kegiatan guru menciptakan suasana kelas dengan cara mengikuti petunjuk/resep yang telah disajikan (Pendekatan Masak).
·           Seperangkat kegiataan guru untuk menciptakan suasana kelas yang efektif melalui perencanaan pembelajaran yang bermutu dan dilaksanakan dengan baik (Pendekatan Instruksional).
·           Seperangkat kegiatan guru untuk mengembangkan tingkah laku peserta didik yang diinginkan dengan mengurangi tingkah laku yang tidak diinginkan (Pendekatan Pengubahan Tingkah Laku).
·           Seperangkat kegiatan guru untuk mengembangkan hubungan interpersional yang baik dan iklim sosio-emosional kelas yang positif (Pendekatan Penciptaan Iklim Sosioemosional).
·           Seperangkat kegiatan guru untuk menumbuhkan dan mempertahankan organisasi kelas yang efektif (Pendekatan Sistem Sosial)


Terakhir, menurut KBBI, Manajemen adalah penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran. Sedangkan Manajemen Kelas adalah manajemen untuk mencapai tujuan pengajaran di kelas secara efektif dan efisien.


No comments:

Post a Comment